Open Minded

“Seseorang bisa dikatakan sukses, jika dia bisa mensukseskan orang lain juga.”
- Kang Ulum Decision –
Dari kutipan diatas jika kita perhatikan baik – baik, berarti sukses itu bukan hanya milik diri kita sendiri.  Maksudnya begini, kunci untuk menggapai kesuksesan itu sendiri bukan dari diri kita, tapi dari orang lain.  Contoh kecilnya, si A orangnya super. Super rajin dan cepat tanggap dalam masalah pelajaran apapun di sekolahnya, tak heran ia selalu menjadi juara umum di sekolahnya.  Si B adalah teman dekat si A.  B orangnya ngantuk mulu tiap belajar di kelas, ngerjain tugas kadang setengah – setengah.  Tapi semenjak berteman dekat dengan si A, si B jadi kepacu untuk bisa rajin seperti A.  Si A sangat senang bisa membantu si B belajar, karena ternyata itu memberikan kebaikan juga untuk si A.  Sambil membantu belajar si B, si A pun otomatis bisa sambil mengulang pelajarannya lagi.  Semua jadi saling mendapatkan manfaatnya kan? Begitulah, kesuksesan seseorang tak pernah lepas dari dibalik orang – orang di samping kita.

Tertanggal 24 April 2016, aku ikut tryout dan juga seminar dengan tema OPEN MINDED. dari seminar itu, aku mendapat ilmu – ilmu baru yang menarik.  Pembicaranya adalah Kang Dayu dari STIFIn.  Fyi, STIFIn ini sebuah lembaga yang berdiri sejak tahun 1999 yang berkecimpung dalam bidang menemukan talenta seseorang berdasarkan 5 bagian dalam otak kita.  Caranya dengan melakukan scan sidik jari.  Dua tahun yang lalu, pernah ikut tes STIFIn dan hasilnya INTUITING (hehe).  Ohiya jadi otak manusia itu terdiri dari 5 bagian, Sensing , Thinking , Intuiting , Feeling , dan Insting . oke, kembali ke seminar.  Aku sangat tertarik dengan pembahasan yang dibawakan oleh Kang Dayu apalagi dengan penyampaian materinya yang asik dan gak ngebosenin.  Di slide pertamanya, Kang Dayu menampilkan foto seseorang yang namanya sudah banyak dikenal masyarakat. Kang Dayu menyuruh kita untuk menyebutkan siapakah orang yang ada di slide itu.  semua sontak menjawab
“ Kang Emil!!, “  “ Pak Ridwan Kamil!! “ oke stop.  Memang benar itu foto Pak Ridwan Kamil, siapa yang tidak mengenalnya? Tapi Kang Dayu langsung meluruskan jawaban dari teman – teman.  Mulai dari sekarang, kalau ditanya itu siapa jangan bilang Kang Emil (namanya) lagi, tapi sebut profesi beliau. Beliau adalah Walikota Bandung. Siipp! Jadi, materi dari Kang Dayu adalah mengenai profesi . mulai dari sekarang, kita harus merencanakan profesi seperti apa yang kita inginkan di masa yang akan datang, minimal udah ada bayangannya lah.  Caranya dengan mengetahui apa passion kita.  Passion adalah sesuatu yang menggairahkan, membangkitkan semangat, pekerjaan apapun akan terus kita lakukan demi mencapai apa yang kita inginkan.  Dari passion itulah muncul orang – orang sukses seperti Walikota Bandung Pak Ridwan Kamil.

Ada banyak cara untuk bisa meraih kesuksesan. Salah satunya adalah dengan membuat VISI LANGIT dan VISI BUMI.  Apa itu visi langit dan visi bumi?

VISI LANGIT
Visi langit adalah apa yang ingin kamu capai di akhirat kelak
Contohnya, aku punya visi langit! Aku ingin di akhirat kelak, di Syurga – Nya bisa berkumpul lagi dengan keluarga besar, saudara – saudara, teman – teman, guru – guru , dan tetangga – tetanggaku lengkap dengan Nabi Muhammad Shallallohu’alaihi Wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.  Aamiin..

VISI BUMI
Visi bumi adalah apa yang ingin kamu cari di dunia
Contohnya, aku punya visi bumi! Aku ingin terus berlatih menulis cerpen dan mengirimkannya ke media, jika cerpenku dimuat uangnya akan aku tabung lalu disumbangkan ke panti asuhan.

Wahh.. indah sekali bukan? Yang terpenting, apapun cita – cita dan harapanmu, selalu libatkanlah Allah Subhanahu Wata’ala kemana pun kamu melangkah karena hanya Dia – lah yang menentukan kemana jalan yang terbaik untukmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alhamdulillah for today and everyday. happy friday!

Seribu Jalan